Buka Puasa Pertama, 2017

A: aku
T: temen

T: Net bisa antar ke Gramed sebentar gak?

A: Umm tapi aku jam 4 udah pulang
T: Oiya. Km buka puasa pertama drumah ya?
A: Emm.. nggak juga. Yaudah q temenin.
T: Soalnya kalo di keluarga kami, hari pertama wajib buka puasa sama keluarga.
A: Ahh keluargaku juga gitu, niatnya...

Seketika ingat, kalo puasa pertama keluarga saya pasti fail, buka bersama yang bener-bener sama keluarga. Gak pernah bisa. Pasti ada yang datang dirumah, mendadak, dan akhirnya kami anak-anaknya disuruh mengalah. Kata mama, biar tamunya dulu yang kenyang.

Itu kenapa akhirnya hari ini saya merelakan gak buka puasa hari pertama bareng keluarga. Pertama, kasian liat anak perantauan buka puasa sendiri, (walopun keknya punya temen modelgini gak ngaruh sih die mo ditemenin apa nggak :D) dan yg kedua, ntah kenapa yakin kalo dirumah pasti ada yg datang.

Dan, benar.

Tahun ini fail lagi. Dan untuk saat ini, saya baru bisa terima kasih sama Allah. Begitu percayanya sama mama buat nitipin orang ikutan berbuka. Hampir setiap tahun ada yg mendadak datang, dan hampir setiap tahun anak-anaknya ngedumel di pojokan kamar, karena harus menunda makan. Yaaa namanya juga anak-anak.. (tua) :D

Gakpapa. Karena tamu bawa rezeki, karena tamu yang ngasih Allah. Kata mama gtu. 

Walaupun ya, rasa mangkel si anak-anaknya luar biasa, si mama bisa apa. Ya gimana, namanya juga lapar, giliran kami yang makan tinggal pasrah masih ada sisa apa nggak. Sisa syukur, gak sisa ya goreng telur. Yang penting masih ada yang dimakan, jangan ngeluh kata mama. Tapi ya itu, mama.

Hai ma,
Hari ini si adek aja yg ngedumel sendiri lewat wasap. Karena seperti biasa, rumah kita selalu menjadi tempat berbagi buka puasa di hari pertama. Dan seperti biasa, mama memyuruh kami untuk mengalah kan?

Saya cukup bersyukur bisa buka puasa di warung makan depan kost temanku seperti biasanya, membatalkan puasa dengan berbagi aqua di parkiran gramedia, dan merelakan hari pertama puasa gak sama keluarga. Kata mama, berbuat baik bisa dengan cara apa aja kan? Dan selalu belajar jadi orang yg menyenangkan?

Sekian,
Salam sayang dari saya, mwah!

Komentar